Menteri PPPA Apresiasi Kinerja PT KAI Atas Fasilitas Stasiun Responsif Gender

Sudah 2 jam Suci (51) bersama anak dan cucu - cucunya menunggu Kereta Api Serayu jurusan Cilacap di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Namun demikian, mereka merasa nyaman karena stasiun dilengkapi dengan fasilitas ramah anak dan perempuan. Mereka juga lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi Mudik Lebaran 1440 Hijriah karena lebih aman dan nyaman.

Menteri PPPA Apresiasi Kinerja PT KAI Atas Fasilitas Stasiun Responsif Gender

MONITORDAY.COM - Sudah 2 jam Suci (51) bersama anak dan cucu-cucunya menunggu Kereta Api Serayu jurusan Cilacap di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Namun demikian, mereka merasa nyaman karena stasiun dilengkapi dengan fasilitas ramah anak dan perempuan. Mereka juga lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi Mudik Lebaran 1440 Hijriah karena lebih aman dan nyaman.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengatakan, Kereta api adalah salah satu transportasi yang direkomendasikan, karena selain nyaman juga aman terhadap keselamatan keluarga khususnya anak.

"Saya bersama Kepala Stasiun Pasar Senen baru saja mengunjungi beberapa titik lokasi yang ada di stasiun. Pertama kami menemui para pemudik di gerbong kereta untuk melihat secara langsung kondisi perempuan dan anak. Kami juga sempat berbincang dan memberikan bingkisan kepada anak dan perempuan pemudik,” ujar Menteri Yohana dalam siaran persnya (1/6).

Yohana mengaku melihat adanya perubahan besar, terutama untuk fasilitas Stasiun Pasar Senen yang ramah perempuan dan anak dan mendapat respon baik dari para calon penumpang kereta.

“Adanya klinik steril ber-AC, tenaga medis profesional, dan obat-obatan lengkap tersedia. Saya juga sangat senang dengan tersedianya ruang laktasi. Tadi saya juga sempat berbincang dengan seorang ibu menyusui di ruang laktasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk hak perempuan yang harus diperhatikan dan dipenuhi,” tutur Menteri yang akrab disapa Mama Yo itu.

Dalam kunjungannya, Menteri Yohana mengapresiasi kinerja PT KAI dan menghimbau agar para pemudik mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak–anaknya saat perjalanan, serta mengajak kaum laki–laki untuk menjaga perempuan agar terhindar dari kekerasan.

“Saya merasa salut dan mengapresiasi kinerja PT KAI yang telah memperhatikan anak dan perempuan dengan menyediakan fasilitas stasiun yang responsif gender, serta memberikan perlindungan khusus dan tumbuh kembang anak melalui ruang laktasi dan klinik. Saya juga mengimbau agar para pemudik lebih memperhatikan hak anak. Saya juga berpesan kepada kaum laki – laki untuk menjaga perempuan dalam situasi mudik agar bebas dari segala bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta,” tutup Mama Yo.