Mohon Bersabar, Fee BLT Pekerja Rp600.000 Bakal Cair

BLT Rp600 ribu untuk gaji di bawah lima juta ini akan segera dicairkan.

Mohon Bersabar, Fee BLT Pekerja Rp600.000 Bakal Cair
Fee BLT/ Net


MONITORDAY.COM - Kementerian Ketanagakerjaan (Kemnaker) mencatat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Rp600 ribu untuk gaji di bawah lima juta ini akan segera dicairkan. Pasalnya, pencairan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, untuk tahap pertama yang disalurkan sebanyak 2,5 juta calon penerima. Di mana, totalnya adalah 15,7 juta orang.

Penyaluran yang dilakukan bertahap ke rekening pekerja akan diselesaikan hingga akhir September untuk bantuan tahap pertama sebesar Rp 1,2 juta. Proses transfer dilakukan mulai akhir Agustus ini.

"Kami merencanakan batch pertama 2,5 juta (pekerja), mudah-mudahan, 2,5 juta itu minimal per Minggu bisa kami lakukan sehingga dari 15,7 juta itu bisa masuk datanya pada akhir September 2020 ini untuk pembayaran tahap pertama. Kami butuh waktu 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami memang menargetkan bisa dilakukan transfer itu dimulai dari akhir bulan Agustus ini," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam video virtual, Senin (24/8/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto mengatakan anggaran yang disediakan untuk subisdi gaji ini adalah Rp37,7 triliun. Nantinya para peserta mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan atau totalnya Rp2,4 juta.