Muchlas Rowie Tekankan Pentingnya Pendidikan Tangkal Hoaks Bagi Kaum Milenial

Dalam rangka mendidik kaum milenial agar sadar akan hoaks, Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menggelar kuliah umum bertajuk "Medsos Sebagai Media Smart Learning" di Aula Utama UMC, Kamis (24/1).

Muchlas Rowie Tekankan Pentingnya Pendidikan Tangkal Hoaks Bagi Kaum Milenial
Muchlas Rowie foto bersama para pejabat serta dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon, pada Kamis (24/1).


MONITORDAY.COM - Dalam rangka mendidik kaum milenial agar sadar akan hoaks, Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menggelar kuliah umum bertajuk "Medsos Sebagai Media Smart Learning" di Aula Utama UMC, Kamis (24/1). 

M. Muchlas Rowie selaku ahli IT yang didaulat sebagai pembicara utama dalam diskusi tersebut mengatakan bahwa sosialisasi terkait berita hoaks kepada kaum milenial amat penting agar generasi muda tidak gampang terpengaruh oleh informasi yang belum jelas sumbernya. 

"Kepada para mahasiswa sebagai generasi milenial agar membaca berita dengan sumber yang lengkap, supaya mendapatkan informasi tidak satu arah," ujarnya saat dihubungi seusai acara. 

Muchlas yang juga Ketua Umum Relawan Balad Jokowi ini menambahkan bahwa menjelang Pilpres yang tinggal sebentar lagi, hoaks samakin gencar diproduksi untuk kepentingan politik. Karena itu diskusi ini menurutnya, harus terus digalakan agar para pemuda bisa memilah setiap informasi yang ada. 

"Karena saat ini marak sekali berita hoaks, dengan ini para anak muda telah mempunyai gambaran terkait hal itu," tutur Muchlas. 

Selain itu, kata Dia, yang terpenting dari penangkalan berita hoaks adalah dengan memilah setiap informasi yang ada, serta memverifikasi kebenaran sumber dari sebuah berita. 

"Menarik disampaikan salah satu mahasiswa bahwa hal penting dari memahami berita yang ada, agar tidak termakan berita hoaks harus dengan memilah berita dan tabayyun dengan informasi yang ada," tambah Muchlas yang juga Pemilik Monday Media Grup ini. 

Selain Muchlas Rowie, acara yang dihadiri oleh sekitar 1000 peserta tersebut, juga diisi oleh Rektor UMC, Prof. Dr. H. Khaerul Wahidin, serta Sumiati, seorang Vlogger.

Dalam kesempatan itu, Sumiati memberikan tambahan di materi lanjutan yang membuat para peserta semakin antusias. Selain karena materi yang disampaikan menarik, juga karena Dia menggunakan metode hipnoterapi.