PDIP Usulkan ST Burhanuddin Sebagai Jaksa Agung, Hasto : Pak Jokowi Yang Memutuskan

Kontroversi penunjukan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung atas usulan partai. Pasalnya, ST Burhanuddin adalah saudara kandung TB Hasanuddin, politikus PDIP.

PDIP Usulkan ST Burhanuddin Sebagai Jaksa Agung, Hasto : Pak Jokowi Yang Memutuskan
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto(Foto: Net)


MONITORDAY.COM - Kontroversi penunjukan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung atas usulan partai. Pasalnya, ST Burhanuddin adalah saudara kandung TB Hasanuddin, politikus PDIP.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan pilihan itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

"Itu di-endorse oleh Pak Jokowi, karena Pak Jokowi yang memutuskan," kata Hasto di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Hasto dikabarkan merekomendasikan Burhanuddin sebagai Jaksa Agung di kabinet Indonesia Maju.

Lebih lanjut, Hasto menguraikan PDIP punya sejarah dan memori atas penyalahgunaan kekuasaan yang berimbas pada kematian demokrasi saat itu. Hal ini ia mengacu era Orde Baru.

Sehingga, PDIP kemudian belajar dari pengalaman untuk teguh berjuang dan berprinsip supaya hukum benar- benar digunakan untuk menegakkan keadilan. Menurutnya, bukan justru dimanfaatkan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

Lebih lanjut, Hasto meminta publik tidak menilai kinerja dari jabatan seseorang cuma berdasarkan keterkaitannya dengan individu lainnya. Namun, melihat bagaimana keputusan politiknya ketika melaksanakan tugasnya nanti.

"Maka mari kita agar Jaksa Agung itu tidak dinilai dari hubungan individu dengan seseorang, tapi dari keputusan politiknya. Sikap PDI Perjuangan tidak ingin menggunakan hukum sebagai alat kekuasaan," jelasnya.