Pengamat: Jokowi Dekat Dengan NU dan Muhammadiyah, Prabowo Dekat Dengan Islam 212

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai capres petahana Joko Widodo (Jokowi) sangat dekat dengan umat islam Indonesia. Terlebih, Nahdliyin dan Muhammadiyah.

Pengamat: Jokowi Dekat Dengan NU dan Muhammadiyah, Prabowo Dekat Dengan Islam 212


MONITORDAY.COM - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai capres petahana Joko Widodo (Jokowi) sangat dekat dengan umat islam Indonesia. Terlebih, Nahdliyin dan Muhammadiyah.

"Jokowi sangat dekat dengan umat islam, terutama Nahdliyin dan warga Muhammadiyah," kata Adi kepada Monitorday.com di Jakarta, Senin, (9/12/2018).

Adi menjelaskan, kedekatan Jokowi dengan warga NU tentu dibantu dengan sosok Ma'ruf Amin meskipun Jokowi sejak lama sudah dekat dengan Nahdliyin. 

Adapun, kedekatan Jokowi dengan warga Muhammadiyah sangat terlihat ketika Jokowi mendapat apresiasi dari ibu-ibu Aisyiah (ortom Muhammadiyah) beberapa waktu lalu. 

"Jokowi dengan NU dekat sekali. Dengan Muhammadiyah juga, meskipun Muhammadiyah tegas tidak berpolitik praktis tapi anggotanya banyak yang simpatik juga dengan Jokowi," paparnya. 

Adi menambahkan, rival Jokowi yakni Prabowo lebih dekat dengan umat islam 212. Hal itu terbukti ketika Prabowo bersama elit politik oposisi menghadiri Reuni Akbar 212.

"Kalo Prabowo dekatnya dengan umat islam 212," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut Adi, perbedaan pilihan politik umat islam di Indonesia, tidak akan pernah berujung pada perpecahan seperti yang sering ditakutkan oleh banyak pihak.

"Dalam islam, perbedaan itu rahmat," tandasnya.