Milad 107 Muhammadiyah, Nadiem : Kagum dan Mengapresiasi Semua Perjuangan Warga Muhammadiyah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menilai Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia mampu menampilkan ajaran Islam yang dinamis.

Milad 107 Muhammadiyah, Nadiem : Kagum dan Mengapresiasi Semua Perjuangan Warga Muhammadiyah
acara Milad 107 Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta, Senin (18/11).


MONITORDAY.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menilai Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia mampu menampilkan ajaran Islam yang dinamis.

"Menampilkan ajaran Islam bukan sekadar agama yang bersifat pribadi dan statis, tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya," kata Nadiem dalam acara Milad 107 Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta, Senin (18/11).

Lebih lanjut ,Nadiem mengatakan gerakan Muhammadiyah selama ini memiliki ciri semangat membangun tata sosial dan pendidikan masyarakat yg lebih maju dan terdidik.

Nadiem menuturkan perayaan Milad tersebut, membuatnya mampu merasakan langsung semangat perjuangan KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah.

"Kita ketahui bersama bahwa semangat dakwah mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditanamkan Kiai Haji Ahmad Dahlan satu abad yang lalu telah memberikan angin perubahan bagi bangsa Indonesia yang merdeka, maju, dan terdidik," jelasnya.

Menurut Nadim, gerakan Muhammadiyah tidak sekadar berkontribusi dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan, namun juga memiliki amal usaha yang bergerak di bidang kesehatan dan sosial.

Selain itu, Nadim mengatakan banyak sekali pemimpin-pemimpin yang hanya berbicara mengenai berbagai macam impian dan berbagai misi. Akan tetapi Muhammadiyah telah menunjukkan bahwa dengan prilaku dan tindakan yang nyata, berhasil menciptakan bakti sosial.

"Saya sangat kagum dan mengapresiasi semua perjuangan warga Muhammadiyah dalam melakukan upaya pembaruan di kehidupan masyarakat, khususnya dengan penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik," tambahnya.