Peringati HUT RI ke-77, Relawan Ganjarist Tangsel Gelar Donor Darah

Peringati HUT RI ke-77, Relawan Ganjarist Tangsel Gelar Donor Darah
Relawan Ganjarist Tangsel gelar donor darah (dok: Istimewa)

MONITORDAY.COM - "Memberikan darah, memberikan kehidupan" begitulah nilai filosofi dari kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Satuan Relawan (Satrel) Ganjarist Tangerang Selatan di Lantai dasar Mall Teras Kota, BSD Tangerang Selatan pada Kamis, (25/8/2022).   

Terlebih kegiatan tersebut bertepatan pada momentum peringatan HUT RI KE-77. 

Sekjen Kornas Ganjarist, Kris Tjantra dalam sambutannya mengatakan menilai spirit kemerdekaan ini sejatinya diimplementasi dengan program yang konkrit dan tidak sekedar seremonial saja. Seyogyanya, ada kegiatan yang sustainable sehingga imbasnya bisa dirasakan publik. 

Untuk itu, kata Kris, pihaknya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan ini semata-mata untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah, terutama di masa transisi pandemi ke endemi. 

Diketahui, ketersediaan darah cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

"Inilah wujud kepedulian kami selaku pendukung setia Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kami yang sedari awal konsisten memberikan support penuh kepada Ganjar untuk maju sebagai Capres 2024, senantiasa berikhtiar dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, salah satunya donor darah karena memberikan darah, artinya memberikan kehidupan," ucap Kris. 

Kris juga menjelaskan bahwa para relawan Ganjarist, termasuk sayap organisasi seperti SEMOGA, Goesgan, dan Srigan tentu saja berpartisipasi dan menyokong kegiatan kemanusiaan ini. 

Ada sekitar 60 lebih peserta donor darah. Tidak hanya dari para pengurus dan relawan Ganjarist Tangsel, tapi juga dari pimpinan nasional Ganjarist dan relawan dari DKI Jakarta juga turut mengikuti giat donor darah ini. 

"Semoga kegiatan positif seperti donor darah ini bisa sering dilakukan oleh para relawan, supaya kehadiran kita dirasakan oleh masyarakat. Mendonorkan darah, secara tidak langsung dapat membantu orang lain yang membutuhkan, meskipun tidak tahu kepada siapa donor itu akan ditransfusikan, namun tanpa disadari dapat menyelamatkan hidup orang lain." tutur Kris.

Sementara itu, Koordinator Giat Kemanusiaan donor darah, Finna Marliana juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak hingga terselenggaranya acara dondar ini. 

Lebih semarak lagi kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan senam dari Line Dance Tangsel yang menyedot perhatian pengunjung Teras Kota BSD.

Finna pun berharap kegiatan tersebut bisa diteruskan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat serta menjadi momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat serta kepedulian terhadap sesama.