Pertempuran Melawan Kebakaran Hutan di California

Negara Bagian ini telah bergulat dengan kebakaran hutan yang serius - termasuk yang terburuk dalam sejarah negara itu, kebakaran yang disebabkan api "Mendocino" dan "Thomas" - yang kerap muncul dan menghilang sejak tahun 2017.

Pertempuran Melawan Kebakaran Hutan di California
Ilustrasi foto/Net

MONITORDAY.COM - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan di California mencapai 31 jiwa sejak api berkobar, Kamis (8/11) lalu. Ratusan orang dilaporkan hilang di wilayah utara kota yang diduga menjadi titik sumber api.

Banyak korban ditemukan sekitar kendaraan mobil dan rumah yang hangus terbakar. Sebanyak 6.400 rumah dan perkantoran juga hangus terbakar menjadikan bencana ini salah satu yang terburuk dalam sejarah Amerika Serikat.

Angin panas dan kering membuat api meluas cepat. seperempat juta orang di malibu, los angeles, dan ventura terpaksa mengungsi untuk menghindari dua kebakaran besar - Camp dan Woolsey - di negara bagian itu.

Para pakar cuaca memperingatkan kondisi yang berbahaya mungkin akan berlanjut hingga pekan depan dengan perkiraan datangnya udara panas, biasa disebut "devil winds" di kawasan Los Angeles.

"Akan makin memburuk situasinya," kata Marc Chenard, yang bekerja di Pusat Prakiraan Cuaca di Layanan Cuaca Nasional AS.

Sementara itu, Presiden Donald Trump membuat warga marah setelah mengatakan bahwa manajemen kehutanan yang buruk adalah penyebab dari kebakaran.

Presiden Trump sebelumnya telah menyalahkan petugas California atas kebakaran hutan yang terjadi dan mengancam akan menahan dana federal.

Dalam twittnya pada hari Sabtu (10/11/18), Ia kembali menuduh otoritas negara bagian itu "salah urus".