Politikus Muslim Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Buruh Skotlandia

Politikus Muslim Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Buruh Skotlandia
Politikus Muslim, Anas Sarwar, terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh di Skotlandia (Foto: Istimewa)

MONITORDAY.COM - Anggota Parlemen Skotlandia, Anas Sarwar, terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh di negara itu. 

Dia berhasil meraih suara terbanyak dalam pemilihan yang berlangsung singkat pascapengunduran diri ketua partai sebelumnya, Richard Leonard, bulan lalu. 

Sarwar mengalahkan kandidat lainnya yang juga sesama anggota Parlemen Skotlandia, Monica Lennon, dengan perolehan 57,6 persen suara. Dengan hasil tersebut, pria itu resmi menjabat ketua umum Partai Buruh Skotlandia per Sabtu (27/2/2021). 

Lelaki kelahiran 14 Maret 1983 itu sekarang menjadi politikus pertama dari etnik minoritas yang memimpin sebuah partai politik besar di Inggris. Anggota Parlemen Skotlandia dari Kota Glasgow itu mengatakan, dia akan memimpin upaya partai agar berfokus pada apa yang dapat mempersatukan negaranya.  

 “Saya ingin mengatakan langsung kepada rakyat Skotlandia: saya tahu, Partai Buruh memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mendapatkan kembali kepercayaan Anda. Karena jika kami benar-benar jujur, Anda belum merasakan hasil kerja dari Partai Buruh Skotlandia yang pantas Anda dapatkan,” kata Sarwar dalam pidato perdananya sebagai ketua umum partai, dikutip Reuters, Sabtu (27/2/2021). 

Dia juga mengakui pentingnya pemilihannya sebagai pemimpin dari etnik minoritas pertama di sebuah partai politik besar Inggris. Dia pun menyatkan, perjuangan untuk menegakkan kesetaraan hak di negara itu masih jauh dari kata selesai. 

“Dan saya akan bekerja dengan semua komunitas kita yang beragam di Skotlandia untuk membangun kembali negara yang kia cintai,” tutur Sarwar. 

Pemimpin Partai Buruh Inggris, Keir Starmer, mengucapkan selamat kepada Sarwar dalam sebuah pernyataan. Dia pun memuji komitmen Sarwar yang akan berfokus pada upaya-upaya yang dapat mempersatukan negara.