PSSI Ungkap Alasan Curacao Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

PSSI Ungkap Alasan Curacao Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/net.

MONITORDAY.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)memberikan sejumlah alasan Timnas Curacao bakal menjadi lawan Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday.

Sebagaimana diketahui, laga pertama Timnas Indonesia vs Curacao akan berlangsung Sabtu, 24 September 2022 di Stadion GBLA, Bandung dan di Stadion Pekansari, Bogor pada Selasa, 27 September 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku pemilihan Curacao menjadi tim Indonesia karena ada beberapa alasan. Pertama, mereka ingin bertanding dengan tim yang memiliki peringkat FIFA di atas Indonesia.

Timnas Indonesia berlatih jelang laga FIFA Matchday kontra Timnas Curacao (Foto: MPI/Fitri Rachmawati)
"Pertimbangan utama pilih Curacao, kita ingin mencari tim dengan peringkat diatas kita, dan salah satunya tim Curacao yang paling siap," ungkap Iriawan, Bandung, Kamis, (22/9/2022).

Pertandingan berikutnya kata dia, tidak menutup kemungkinan Skuad Garuda akan bertanding dengan tim yang peringkatnya 50. Pasalnya pemilihan tersebut sangat berguna untuk memberikan pengalaman bagi anak asuh Shin Tae-yong.

"Kalau kita main, maaf dengan lawan yang peringkatnya 170. Kita tidak akan dapat pengalaman. Kurang pengalaman nanti. Tapi, kalau lawan ini (tim dengan peringkat diatas 50 seperti tim Curacao) bakal memberikan pengalaman luar biasa, insyaallah," kata dia.

Di samping itu, pertimbangan lain PSSI memilih tim Curacao karena tim tersebut dinilai cukup kuat. Terlebih, para pemain negara asal kepulauan Karibia itu rata-rata pernah bermain di Liga top Eropa. 

"Mereka (Curacao) cukup kuat loh. Mereka banyak bermain di Liga Eropa, itu pertimbangannya," ucap dia.

Terakhir, PSSI ingin Skuad Garuda bisa menimba pengalaman dari calon lawan mereka. Hal itu kian penting untuk mempersiapkan Timnas Indonesia tampil di Piala Asia tahun depan.

"Anak-anak kita sudah berlatih maksimal dan siap tempur. Semoga saat pertandingan tim sehat, tinggal doa dan semangat," ungkap Iwan Bule mengakhiri.