Ratusan Tenaga Medis Gugur, Satgas Covid-19: Kami Berduka Untuk Pahlawan

Kami berduka untuk pahlawan kami tenaga medis, garda terdepan, pejuang, yang meninggal dunia saat menangani COVID-19.

Ratusan Tenaga Medis Gugur, Satgas Covid-19: Kami Berduka Untuk Pahlawan
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito/ Net


MONITORDAY.COM - Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyatakan berbelasungkawa atas meninggalnya ratusan tenaga medis yang menangani COVID-19.

Dalam konferensi pers dengan media asing di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (2/9), Wiku menyatakan tenaga medis adalah pahlawan.

"Kami berduka untuk pahlawan kami tenaga medis, garda terdepan, pejuang, yang meninggal dunia saat menangani COVID-19," kata Wiku di Jakarta, Rabu (2/9).

Lebih lanjut, ia mengatakan Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan memberikan perhatian penuh atas banyaknya tenaga medis yang gugur dalam menangani COVID-19.

Satgas menyadari bahwa angka positif COVID-19 terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Seiring dengan hal itu, sejumlah rumah sakit saat ini juga dipenuhi pasien COVID-19.

Satgas Penanganan COVID-19 berupaya memindahkan pasien COVID-19 ke Wisma Atlet untuk mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengucapkan belasungkawa atas wafatnya para tenaga medis yang menangani COVID-19.

Presiden meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan agar rumah sakit dan tenaga medis tidak kewalahan menangani banyaknya pasien COVID-19.