Sampaikan Duka, Frank-Walter Steinmeier : Jerman Berutang Budi Kepada Habibie

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Menurutnya, Habibie sosok yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada Indonesia.

Sampaikan Duka, Frank-Walter Steinmeier : Jerman Berutang Budi Kepada Habibie
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier


MONITORDAY. COM - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Menurutnya, Habibie sosok yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada Indonesia.

"Kesedihan mendalam ketika mendengar kabar wafatnya Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Izinkan saya untuk mengucapkan simpati yang tulus kepada keluarga dan rakyat Indonesia," ucap Steinmeier, dalam keterangan tertulis Kedubes Jerman, yang diterima Monitorday.com, Jumat (13/09).

Dia menilai Habibie adalah sosok yang toleran, baginya habibie selalu menjaga perdamaian dan hubungan antara agama serta budaya.

"Presiden Habibie adalah sosok yang mengabdikan diri untuk negara dan memberikan kontribusi luar biasa untuk Indonesia. Dia membuka jalan demokrasi untuk Indonesia. Sepanjang hidupnya, Presiden Habibie selalu berupaya menjaga perdamaian dan hubungan antara agama serta budaya," tuturnya.

Tambah Steinmeier, Habibie dianggapnya memiliki ikatan kuat dengan budaya dan tradisi Jerman bahkan dengan seluruh aspek Jerman yang dianggapnya sebagai rumah kedua. Sejak merasakan sebagai pelajar di Aachen, Habibie tetap menjaga kedekatan dengan Jerman dan banyak temannya.

"Jerman berutang budi terhadap Habibie. Banyak hal luar biasa dicapainya dan melakukan lebih banyak daripada banyak pihak untuk menjaga hubungan kedua negara. Untuk itu, Habibie diberikan penghargaan 'Grand Cross 1st Class of the Order of Merit of the Federal Republic of Germany'," tambahnya.

Bapak Teknologi Indonesia itu tutup usia pada rabu (11/09) pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.