SEAMEO Biotrop Gelar HUT Ke-52, Arif Satria: Memperkaya dan Menginspirasi Dunia Pendidikan

Kiprah SEAMEO Biotrop selama 52 tahun telah banyak berperan aktif dalam memperkaya materi pembelajaran dalam dunia pendidikan.

SEAMEO Biotrop Gelar HUT Ke-52, Arif Satria: Memperkaya dan Menginspirasi Dunia Pendidikan
Rektor IPB, Arif Satria/Monitorday.


MONITORDAY.COM – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, menyebut kiprah SEAMEO Biotrop selama 52 tahun telah banyak berperan aktif dalam memperkaya materi pembelajaran dalam dunia pendidikan.

“Pada era teknologi 4.0 saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan bertumpu pada big data. SEAMEO Biotrop di era tersebut berperan aktif dalam memperkaya materi pembelajaran untuk para siswa,” ujar Arif Satria saat mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memberi sambutan pada acara Perayaan HUT SEAMEO Biotrop ke-52 di Gedung Bundar SEAMEO Biotrop, Kota Bogor, Rabu (26/2/2020).

Menurut Arif Satria, SEAMEO Biotrop sangat nyata di Kota Bogor, Indonesia, hingga Asia. Kata dia, SEAMEO Biotrop sangat kuat dalam hal inovasi, integritas, dan kreativitas, sehingga menjadi lembaga penelitian legitimate.

“Kiprah SEAMEO Biotrop sangat nyata di Kota Bogor, hingga Asia. SEAMEO Biotrop memperkaya dan menginspirasi teknologi school garden, hidroponik, aquaponik, smart-be, teaching factory, serta keahlian berwirausaha,” katanya.

Peran penting lain SEAMEO Biotrop ini menurut Arif adalah sinerginya bersama IPB untuk mencetak banyak petani milenial. Dan oleh karena itu, kata Arif, apa yang selama ini didorong Biotrop melalui sekolah-sekolah SMK di Indonesia harus terus didorong.

“Karena SMK-SMK ini tempat yang pas untuk mengisi lapang kerja. Lebih bagus lagi bila mereka bisa menjadi job creator,” tutur Arif.

Apa yang ditunjukkan para anak SMK melalui Pameran dalam acara HUT SEAMEO Biotrop, menurut Arif dapat menunjukkan jika anak-anak SMK sebetulnya canggih-canggih.

“SMK ini harus kita perkuat, dari apa yang mereka pamerkan di acara ini menjadi bukti jika mereka itu canggih-canggih,” pungkasnya.