Selain Pariwisata, Teten Dorong Bali Jadi Pusat UMKM Kreatif Dunia  

Selain Pariwisata, Teten Dorong Bali Jadi Pusat UMKM Kreatif Dunia  
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Universitas Warmadewa Bali (Dok: istimewa)

MONITORDAY.COM - Menteri koperasi dan UMKM Teten Masduki menyatakan Bali memberikan kontribusi ekonomi yang sangat besar kepada Indonesia terutama berkat kedatangan 27 Juta turis berwisata ke Pulau Dewata.

Kendati demikian, pesona Bali tidak hanya di Pariwisata tapi juga memiliki keunggulan di banyak produk,  seperti produk seni yang sangat kuat sehingga memiliki fasilitas spa terbaik di dunia.

Dengan begitu, Bali sangat potensial menjadi pusat UMKM kreatif dunia.

Hal ini dikatakan Teten saat memberikan kuliah umum di Universitas warmadewa Bali, Selasa (8/8/2022).

"Kita bersyukur ekonomi mulai pulih, tentu berimbas pada sektor-sektor vital di Bali," ucap Teten.

"Waktu saya ke luang prabang di Laos,  Saya tinggal di hotel yang mirip di Bali.  Akhirnya saya ketemu Sio hotelnya dan bertanya. Kok  ini seperti Bali?  Lalu dia menjawab bahwa kami memang ingin tiru Bali sampai tukang tukangnya pun kami datangkan dari Bali," tambah Teten.

Artinya,  lanjut Teten,  Bali memiliki banyak potensi untuk mengembangkan identitas sebagai pusat perdagangan Indonesia bukan hanya mengandalkan sektor pariwisata mulai dari penyedia konsultan arsitek untuk pembangunan infrastruktur seperti di Laos hingga penjualan produk UMKM.

Untuk itu, Teten menghendaki Bali harus dikembangkan sebagai pusat perdagangan global sebagaimana Singapura.  

Dalam arti,  pulau dewata perlu membangun kapasitas pusat produksi dasar guna meraut pangsa  pasar digital yang begitu besar.

Teten pun telah membicarakan rencana pengembangan Bali sebagai jendela perdagangan Indonesia ke dunia Global dengan Gubernur Bali I Wayan Koster.

" kalau dulu Bali dikunjungi dunia. Sekarang Bali harus balik mengunjungi dunia. Ini yang saya kira kita harus siapkan Bagaimana Bali mengunjungi dunia ini konsepnya harus kita terjemahkan Lebih detail," tutup teten.