Sidang Tahunan MPR 14 Agustus di Tengah Pandemi, Presiden Jokowi Akan Hadir

Alhamdulillah, Pak Presiden menyatakan akan hadir secara fisik dalam sidang tahunan yang kami selenggarakan.

Sidang Tahunan MPR 14 Agustus di Tengah Pandemi, Presiden Jokowi Akan Hadir
Presiden Jokowi menyampaikan pidato pada Sidang Tahun MPR RI Tahun 2017, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (16/8).


MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo akan menghadiri langsung sidang tahunan MPR pada (14/08/2020) mendatang. Namun, tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan RI, Bogor, Jawa Barat, Rabu (08/07/2020). 

"Alhamdulillah, Pak Presiden menyatakan akan hadir secara fisik dalam sidang tahunan yang kami selenggarakan," kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Menurut Bamsoet, Presiden Jokowi memilih hadir langsung di ruang sidang MPR untuk menunjukkan bahwa Kepala Negara beradaptasi dengan tatanan kebiasaan baru sembari mengedepankan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan makna adaptasi yang dimaksud Presiden adalah kehidupan harus tetap berjalan namun tetap berupaya mencegah penularan COVID-19.

"Karena bagaimanapun juga apa yang disampaikan Presiden kita harus beradaptasi. Maka itu, harus kita artikan kehidupan harus terus berjalan. Kerja-kerja untuk bangsa dan negara harus terus dilanjutkan namun tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat," ujar Bambang.

Sidang tahunan MPR pada tahun ini dimajukan menjadi tanggal 14 Agustus, bukan pada tanggal 16 Agustus 2020 seperti biasanya, karena pada tanggal sehari sebelum peringatan kemerdekaan itu merupakan hari libur.

"Namun, karena tanggal 16 Agustus jatuh pada hari Minggu, majukan pada hari Jumat (14/08/2020)," ucap Bamsoet.

Kemudian, dalam acara sidang tahunan itu, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan.