Soal Virus Corona, Formula E Tunda Balapan Sanya EPrix 2020

Kami bakal mengambil waktu sebanyak mungkin sebelum menentukan langkah berikutnya.

Soal Virus Corona, Formula E Tunda Balapan Sanya EPrix 2020
Formula E. ©2019 REUTERS

MONITORDAY. COM - Formula E resmi menunda balapan Sanya EPrix 2020 akibat virus Corona. Otoritas mengambil keputusan tersebut demi kesehatan atau keselamatan peserta dan penonton.

Rencananya balapan tersebut akan berlangsung di Sirkuit Haitang Bay pada (21/03/2020). Namun, pihak Formula E selanjutnya akan memonitor perkembangan sebelum menentukan apakah Sanya EPrix digelar di lain waktu atau dibatalkan.

Otoritas tidak mau mengambil risiko meski Sanya EPrix terletak 1.780 km dari Wuhan, lokasi pusat penyebaran virus Corona. 

"Kami bakal mengambil waktu sebanyak mungkin sebelum menentukan langkah berikutnya," tulis keterangan resmi pejabat Formula E, Selasa (04/02/2020). 

Penundaan ini menciptakan jeda kompetisi selama lima pekan, antara balapan di Marrakesh (29/02/2020) dan Roma (04/04/2020). Jika nantinya Sanya ePrix dibatalkan, Formula E kemungkinan besar menambah balapan tambahan di salah satu lokasi yang sudah ditentukan.

Diketahui, Virus Corona sudah memakan nyawa lebih dari 300 orang. Sebelumnya, wabah virus Corona telah menyebar ke 27 negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengumumkan status darurat kesehatan global.

Selain itu, balapan terpopuler di seluruh dunia Formula 1 juga kemungkinan mengambil sikap sama terkait penyelenggaraan Grand Prix China di Sirkuit Shanghai pada (19/04/2020).

Sebelumnya, Federasi Balap Motor dan Mobil China (CAMF) sudah menunda semua agenda dan aktivitas olahraga balap di dalam negeri akibat wabah mematikan tersebut.