Strategi Dapatkan Scholarship, PBI UMC Hadirkan LPDP dan Aminef di Workshop On Academic Pathway

Strategi Dapatkan Scholarship, PBI UMC Hadirkan LPDP dan Aminef di Workshop On Academic Pathway
Peserta workshop on Academic Pathway PBI UMC (dok: istimewa)

MONITORDAY.COM - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Cirebon (PBI UMC) menyelenggarakan Workshop on Academic Pathway di Aula Masjid Raya UMC Kampus 2, senin-selasa (22-23/8/2022) yang tujuannya untuk  mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP dan Fulbright.

Di hari pertama, workshop on Academic Pathway membahas teori dan konsep dengan menghadirkan Anggi Auliyani Suharja, alumnus beasiswa Fulbright FLTA yang dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

Anggi mengatakan, AMINEF telah lama dikenal di Indonesia sebagai yayasan yang mengatur pemberian beasiswa kuliah degree dan non degree di Amerika Serikat dalam skema Fulbright Scholarship

Namun masih banyak yang tak menyadari bahwa ada beragam program beasiswa dari AMINEF selain Fulbright. Salah satu program tersebut adalah fellowship Community College Initiative Program (CCIP).

Selain Anggi, kegiatan ini juga menghadirkan awardee beasiswa LPDP, Gun Gun Gunawan yang akan melanjutkan studi di Leeds University, Inggris.

Gun yang juga pengajar di STAIDA Muhammadiyah Garut menyampaikan beasiswa LPDP ada tiga ketegori yaitu Beasiswa Afirmasi, Targetted, Umum dan masing-masing memiliki turunan. 

Sama seperti beasiswa pada umumnya, LPDP memberlakukan sejumlah tahapan untuk menyeleksi penerima beasiswa seperti test administrasi, Tes Bakat Skolastik (TBS) dan  Seleksi substansi. Tahap seleksi ini biasanya meliputi verifikasi berkas, menulis essay on the spot, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara. 

Pada verifikasi berkas, panitia akan memvalidasi dan mengecek kebenaran berkas-berkas yang dilampirkan pendaftar.

Ketua Tim Task Force PKKM PBI UMC Dila Charisma M.Pd memberikan apresiasi kepada narasumber karena bisa menghadiri secara langsung untuk memberikan informasi yang lengkap dan jelas bagaimana caranya mendapatkan beasiswa terutama tentang strategi mendapatkan beasiswa, baik Fulbright atau LPDP.

"Semakin meningkatnya latar belakang pendidikan lulusan tentu akan mampu mendukung percepatan perkembangan bangsa. Dalam hal ini lulusan diharapkan untuk mampu melanjutkan jenjang pendidikan di skala nasional dan bahkan internasional," ucap Dila yang juga Kaprodi PBI UMC. 

Untuk itu, Dila mengatakan Prodi PBI UMC menyelenggarakann workshop untuk membekali persiapan studi lanjut dengan melibatkan badan penyelenggara beasiswa dalam rangka mengenalkan dan memberikan persiapan kepada lulusan ataupun mahasiswa tingkat akhir mengenai program pascasarjana dan beasiswa. 

Kemampuan utama yang ditingkatkan ialah kemampuan dasar dalam menulis portofolio diri sebagai landasan dalam mengajukan beasiswa dan melanjutkan studi serta kemampuan untuk merekognisi minat serta penjurusan untuk studi lanjut lulusan/mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Untuk informasi, kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Ketua Tim Task Force PKKM UMC, Dr. Bagus Nurul Iman yang diwakili oleh Dr. Hj. Fikriyah.

Dalam sambutannya, Dr. Hj. Fikriyah memberikan apresiasi kepada Ketua  Wakil Rektor 1 UMC, Moh. Nana Trisolvena, S.ST., M.Pd, Dekan FKIP UMC, Dr. Dewi Nurdiyanti, Ketua Tim Task Force PKKM PBI UMC, Dila Charisma M.Pd dan Ketua Panitia Sirniawati, S.Pd.I., MA yang juga Dosen PBI UMC.  

"Alhamdulillah, kegiatan ini sangat penting buat kita semua. Semoga kita bisa menyerap ilmu dari para pemateri,"ucapnya.  

Beranjak ke hari kedua, Selasa (23/8/2022), proses praktik pembuatan portofolio dan essay tengah berlangsung. 

Antusiasme dari para peserta, baik mahasiswa dan dosen PBI UMC terlihat selama kegiatan pelatihan berlangsung. Peserta aktif dan responsif terhadap seluruh rangkaian materi yang disampaikan oleh narasumber.