Temuan Baru, Pasien Corona Sembuh Setelah Minum Jus Mengkudu

Sebanyak 33 pasien Covid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, diklaim sembuh setelah menyeruput jus buah mengkudu (Morinda citrifilia).

Temuan Baru, Pasien Corona  Sembuh Setelah Minum Jus Mengkudu
Jus Mengkudu menjadi alernatif penyembuh Virus Corona.


MONITORDAY.COM - Sudah hampir 3 bulan wabah pandemic global covid-19 menjangkiti negara kita. Seiring dengan waktu para ahli Kesehatan (Virologi) berupaya untuk menemukan vaksin atau patogen sebagai penyembuh virus corona.

Kendati demikian, beberapa pihak mencari solusi  selain obat medis yakni dengan memanfaatkan tanaman herbal, seperti yang ramai sebelumnya yaitu jahe, kunyit, jambu batu, dan jeruk sebagai upaya untuk menjaga imunitas tubuh.

Kali ini, ada kabar baik terkait hal ini datang dari Makasar, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 33 pasien Covid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, diklaim sembuh setelah menyeruput jus buah mengkudu (Morinda citrifilia).

Berdasarkan hasil tes, 33 pasien itu langsung negatif setelah masing-masing diberi minum 2 botol jus mengkudu yang mereka namai Jus C-19.

Achmad Firdaus, satu di antara pasien Covid-19 di RS Dadi yang sembuh berkat jus mengkudu, mengutarakan kesaksiannya dan menulis pada selembar karton, “Terima kasih Jus C-19.”

Jus tersebut hasil racikan Irwan Paturusi, dan dinamakan Jus C-19, diberikan kepada 33 pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Dadi Jl. Lanto Dg Pasewang, Makassar.

Mereka mengalami  kesembuhan setelah mengkonsumsi Jus C-19 selama dalam isolasi. Sebagian pasien yang sembuh terdapat 19 orang adalah eks penumpang Kapal PELNI KM Lambelu.

Menurut Humas Rumah Sakit Dadi Makassar, Yunus, kepada awak  media, Selasa (12/5/20), membenarkan bahwa 33 pasien Covid-19 itu diberikan obat herbal berupa Jus C-19.

“Karena vaksin menyembuhkan virus corona belum juga ditemukan di dunia kedokteran, maka apapun cara yang ditempuh demi kesembuhan pasien, sepanjang obat itu dapat menyembuhkan. Dan ternyata setelah mereka minum Jus C-19, dinyatakan negatif dan boleh keluar dari rumah sakit” tutur Yunus.

Achmad Firdaus, satu di antara pasien yang sembuh, menuturkan, sejak menjalani isolasi, diberi obat-obat antibiotik dan vitamin, serta suplemen makanan novic dan susu kotak.

Setiap pasien yang di isolasi, kata Achmad, diberi obat-obatan berdasarkan penyakit bawaannya, seperti jantung, diabetes dan lain-lain.

Namun,  Achmad mengakui bahwa sejak minum Jus C-19 dia merasa badannya langsung terasa ringan. Sakit tenggorokannya sembuh dan rasa nyeri badan juga hilang.

Irwan Paturusi mengatakan, pihaknya memiliki hampir 100 botol Jus C-19 yang didrop ke RS Dadi secara cuma-cuma.

“Kami memang sudah niatkan meracik Jus C-19 ini untuk membantu pasien yang terjangkit virus corona. Mereka butuh bantuan untuk kesembuhan.

Awalnya, Ia juga  tidak tahu apakah obat yang selama ini memang sering diracik dari beberapa bahan, bisa menyembuhkan penyakit corona.

“Nantilah, ketika seorang yang sangat saya hormati memberitahu, bahwa ramuan itu ampuh mengobati orang terjangkit corona, barulah saya coba bikin semampu saya  demi membantu banyak orang” ungkap Irwan Paturusi.

Buah Mengkudu memiliki beberapa kandungan, diantaranya: 

Kalori: 47.
Karbohidrat: 11 gram.
Protein: kurang dari 1 gram.
Lemak: kurang dari 1 gram.
Gula: 8 gram.

  • Berbagai vitamin, seperti vitamin C, B7 (biotin), B6 (folat), dan E.
  • Beragam mineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium.(*)

Buah Morinda, kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B3 (niasin) dan zat besi.