UIN Jakarta Jadi Model Pengembangan Filantropi di Lingkungan Kampus

UIN Jakarta memiliki lembaga dan civitas akademika yang peduli terhadap keberlangsungan filantropi di lingkungan kampus. Menag mengapresiasi Pimpinan Universitas dan para dosen yang telah berinisiatif menyebarkan semangat filantropi di lingkungan kampus. 

UIN Jakarta Jadi Model Pengembangan Filantropi di Lingkungan Kampus
Menag Fachrul Razi/(net)


MONITORDAY.COM - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengapresiasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah menjadi pionir pengembangan filantropi. Hal tersebut Ia katakan saat memberikan orasi ilmiah dalam peringatan Dies Natalis ke-63 UIN Jakarta, pada Rabu (20/5).

Menurut dia, UIN Jakarta memiliki lembaga dan civitas akademika yang peduli terhadap keberlangsungan filantropi di lingkungan kampus. Menag mengapresiasi Pimpinan Universitas dan para dosen yang telah berinisiatif menyebarkan semangat filantropi di lingkungan kampus. 

“Semangat filantropi di kampus ini kiranya tidak berhenti pada pemberian bantuan dan sumbangan jangka pendek dan bersifat konsumtif, tetapi juga dapat dikembangkan menjadi salah satu instrumen pengembangan kampus secara luas,” kata Menag Fachrul Razi, dikutip dari laman Kemenag, Kamis (21/5).

Menag menambahkan, bahwa semangat filantropi merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan Islam Indonesia. Karenanya menumbuhkembangkan semangat tersebut di perguruan tinggi bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan.

"Untuk diketahui bersama, bahwa berbagai perguruan tinggi besar dunia, seperti Harvard University dan Al-Azhar University, didukung oleh semangat filantropi yang tinggi. Mereka memiliki apa yang disebut sebagai endowment fund yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik, seperti: beasiswa, penelitian, dan fellowship," ujarnya.

"Dengan demikian, lembaga-lembaga tersebut mampu mengembangkan diri dan tidak semata-mata mengandalkan dukungan dana dari Pemerintah," lanjut dia.

Lebih lanjut, Menag meyakini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan pengalaman, kontribusi alumni, dan jejaring yang dimilikinya mampu mengembangkan semangat filantropi tersebut menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa. Mengubah potensi filantropi menjadi salah satu sumber energi pengembangan akademik dan fasilitas kampus.

Dengan harapan, kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat menjadi salah satu Perguruan Tinggi unggul di tingkat dunia dengan dukungan semangat filantropi dan entrepreneurship yang tinggi.

“Mudah-mudahan wabah covid-19 ini segera berakhir, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat melanjutkan pengembangan potensi filantropisnya secara lebih luas dan optimal,” tutur Menag Fachrul Razi.

“Saya berharap apa yang dilakukan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat menjadi model bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam lain dalam mengembangkan semangat filantropi,” tandasnya.