Waspada Penyebaran Covid-19, DPD IMM DKI Jakarta Keluarkan Maklumat

Salah satu point dari Maklumat yang dikeluarkan adalah menunda kegiatan-kegiatan yang mengundang massa atau jumlah orang yang banyak.

Waspada Penyebaran Covid-19, DPD IMM DKI Jakarta Keluarkan Maklumat
Pengurus DPD IMM DKI Jakarta.


MONITORDAY.COM - Menanggapi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sangat cepat dan telah masuk Indonesia, Dewan Pimpinan Derah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) DKI Jakarta mengeluarkan Maklumat Nomor 001/A-5/IX/2020 tentang Kewaspadaan Dan Antisipasi Pencegahan Wabah Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) di Lingkungan DPD IMM DKI Jakarta.

Ketua Umum DPD IMM DKI Jakarta, Suparman mengatakan, ditengah penyebaran virus corona yang sangat cepat, pihaknya telah menyampaikan maklumat kepada seluruh Pimpinan Cabang IMM Se-DKI Jakarta untuk bisa dilaksanakan dan diturunkan kepada Pimpinan Komisariat.

“Kami sudah memberitahukan kepada seluruh Pimpinan Cabang dan Pimpinan Komisariat IMM Se-DKI Jakarta melalui maklumat yang kami buat, untuk tetap waspada dan mengatisipasi penyebaran Virus Corona yang sangat cepat serta melakukan tindakan-tindakan atau upaya-upaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona,” kata Suparman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (16/3).

Ia menjelaskan salah satu point dari Maklumat yang dikeluarkan adalah menunda kegiatan-kegiatan yang mengundang massa atau jumlah orang yang banyak seperti kegiatan mengaji, seminar, diskusi, dan lain-lain atau dapat dilaksanakan dengan cara lain.

“Untuk sementara, kami sudah arahkan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Komisariat untuk tidak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendatangkan masa banyak. Kalaupun tetap mau ingin diselenggarakan maka dilakukan dengan cara lain yang bersifat terbatas dengan tempat yang aman dan dilengkapi dengan peralatan medis, atau bisa juga dengan memanfaatkan teknologi informasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Suparman menyampaikan maklumat ini dikeluarkan merujuk pada Maklumat PP Muhammadiyah, Surat Edaran Mendikbud, Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta.

“Muhammadiyah sebagai organisasi induk dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, sudah mengeluarkan Maklumat, maka kami sebagai Organisasi Otonom di bawah Muhammadiyah tentu harus selaras, selain itu Surat Mendikbud kemudian Instruksi Gubernur yang dikeluarkan juga harus kita indahkan, Apalagi Pemeritah Provinsi DKI Jakarta sudah mengeluarkan peta sebaran wabah virus corona, tentu ini harus kita respon,” ungkapnya.

Suparman berharap semoga wabah virus corona cepat berakhir dan upaya-upaya yang dilakukan mampu mencegah penyebaran wabah virus corona yang makin tidak terkendali.

“Mencegah penyebaran virus corona menjadi kewajiban semua pihak, bukan hanya pemerintah. Semoga penyebaran virus corona ini cepat berakhir,” tutupnya.