Connect with us

Review

Ancaman Nyata Ransomware

Muchlas Rowi

Published

on

DALAM beberapa bulan terakhir, ancaman siber terus berkembang pesat dan menjadi salah satu isu keamanan paling mendesak di dunia digital. Diantara berbagai jenis ancaman tesebut, serangan ransomware menjadi yang paling menonjol dan meresahkan.

Pasalnya, serangan ini tak hanya menargetkan individu, tapi juga institusi bisnis, lembaga pemerintahan, dan infrastruktur kritis. Dampaknya juga sangat merugikan.

Terbaru, pemerintah melalui Badan Sandi dan Siber Nasional [BSSN] akhirnya mengakui gangguan server PDN terjadi karena serangan ransomware jenis baru bernama Brain Chiper. Temuan lembaga negara yang bermarkas di Ragunan ini berdasar pada hasil sampel forensik. Si peretas, kata mereka, meminta tebusan uang sebesar US$8 juta atau sekitar Rp131,6 miliar.

Akibatnya, sekitar 50 layanan publik diketahui mengalami gangguan termasuk untuk urusan keimigrasian. Beberapa layanan ada yang terpaksa dilakukan secara manual, hingga ada pula yang ditiadakan seperti layanan pembuatan paspor satu hari.

Ransomware ternyata tak hanya menyerang PDNs Kominfo, tapi menyerang Astra Internasional [21 Juni], INAFIS [22 Juni], BAIS TNI [24 Juni], hingga Pemkot Semarang [25 Juni].

Merujuk data yang dirilis Palo Alto Networks, serangan ransomware multi-pemerasan ternyata naik 49 persen dari tahun 2022 hingga 2023. Tepatnya ada terdapat 3.998 korban yang dilaporkan dari situs bocoran ransomware pada 2023.


Penyedia keamanan data siber yang berkantor di California ini juga menemukan 25 situs bocoran baru yang muncul pada 2023. Temuan itu menunjukkan betapa ransomware jauh lebih menarik dari trading crypto atau bahkan judi online [judol] sebagai penghasil cuan super instan.

Lebih lanjut, laporan ini juga menyebut ada tiga industri yang paling terdampak serangan ransomware secara globalyaitu manufaktur, layanan profesional dan hukum, serta teknologi tinggi. Sementara di ASEAN, tiga teratas industri terdampak ransomware ialah manufaktur, retail, dan konstruksi.

Amerika Serikat jadi target utama serangan ransomware pada tahun 2023, korbannya sebesar 47,6 persen, diikuti Inggris, Kanada, dan Jerman. Sedangkan di ASEAN, Thailand adalah negara yang paling sering diserang ransomware, diikuti Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Untuk menghadapi ancaman ini, peningkatan keamanan siber menjadi sangat krusial. Langkah-langkah proaktif dalam mendeteksi dan mencegah serangan siber perlu terus dikembangkan dan diimplementasikan untuk melindungi data dan sistem dari eksploitasi lebih lanjut oleh teknologi AI yang kian maju.

Serangan ransomware adalah panggilan untuk bertindak dalam memperkuat keamanan siber kita. Dengan mengadopsi teknologi terbaru, meningkatkan edukasi, dan memperkuat kolaborasi, kita dapat melindungi infrastruktur vital dan memastikan bahwa layanan publik tetap berjalan dengan lancar.

Pemerintah dan lembaga terkait perlu melakukan audit keamanan berkala untuk memastikan sistem keamanan selalu diperbaharui dan mampu menghadapi ancaman paling anyar. Untuk melakukan hal tersebut, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Karena itu pendidikan dan pelatihan juga dibutuhkan.

Penggunaan teknologi super canggih juga dibutuhkan, untuk mengimplementasikan teknologi keamanan canggih seperti enkripsi data end-to-end, sistem deteksi intrusi, dan penggunaan kecerdasan buatan untuk mendeteksi dan merespons ancaman secara cepat. 

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah back up data secara berkala. Karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang lebih kuat antar lembaga pemerintah atau institusi bisnis dengan para penyedia cloud atau pakar komputer yang mengerti teknologi lebih canggih seperti komputasi quantum. Mengingat, ancaman ransomware menjadi lebih kuat dan presisi berkat kepiawaian mereka menggunakan AI.

Dengan demikian, memahami dan menghadapi ancaman ini menjadi tugas penting bagi pemerintah, institusi bisnis, dan individu dalam era digital yang terus berkembang. Jika tak diantisipasi, maka bukan tidak mungkin motif ransomware di kemudian hari tak sekadar urusan ekonomi, tapi juga serangan negara alias perang seperti dalam perang Rusia-Ukraina.

Perang Rusia-Ukraina merupakan konflik pertama dalam sejarah yang menggunakan kekuatan AI. Jika Rusia menggunakan AI untuk melakukan serangan siber dan video palsu yang menunjukkan penyerahan Presiden Zelensky, sementara Ukraina menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasi agen dan tentara Rusia, serta menganalisis intelijen dan strategi perencanaan. Ngeriii……

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Monitor Saham BUMN



Keuangan11 hours ago

BNI Raih 13 Penghargaan Infobank BSEA 2024

Pangan11 hours ago

Sang Hyang Seri Salurkan Bantuan Benih Padi di 16 Provinsi

Keuangan11 hours ago

Semakin Inovatif, Kopra by Mandiri Ungguli Kompetitor di Bisnis Solusi Korporasi

Sportechment12 hours ago

Persiapan Kompetisi Liga 1 2024/2025, PSSI Gelar Kursus Wasit

Sportechment13 hours ago

Perankan Produser Musik, Komeng Tampil di Series Vision+ “Inul & Adam”

Sportechment13 hours ago

Hadir Eksklusif di Langit Musik, Iwan Fals Rilis Album Baru “Tujuh Belas”

News15 hours ago

DPR Setujui Pembentukan Pansus Haji, Apa Fungsinya?

News15 hours ago

PKB Resmi Usung Bobby Nasution sebagai Bakal Cagub Sumatera Utara

News16 hours ago

Program Makan Bergizi Gratis Wajib Libatkan UMKM, Ini Alasannya

News16 hours ago

Menkeu: APBN Berhasil Tambah Jalan Tol Sepanjang Ribuan Kilometer

News16 hours ago

AS Umumkan Bantuan Tambahan 150 Juta Dollar untuk Ukraina

News16 hours ago

Tuan Rumah Literasi Bursa CPO, Kalimantan Barat Punya Potensi Besar Industri Kelapa Sawit

News16 hours ago

Mochammad Afifuddin Ditunjuk Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy’ari

News16 hours ago

DKPP Berhentikan Ketua KPU, Puan Bilang Begini

News16 hours ago

Ekonomi Hijau Diharap Stabilkan Pertumbuhan Ekonomi RI Hingga 2045

News17 hours ago

Wapres: Pemberhentian Ketua KPU Pelajaran Penting Tentang Moralitas

Sportechment22 hours ago

Marcell Darwin Makin Intens Ibadah Usai Jadi Muslim Buat Nabila Faisal Kagum

Sportechment22 hours ago

Tijjani Reijnders Unggah Konvoi Fans atas Kemenangan Timnas Belanda di Ambon

News23 hours ago

Dipecat Terkait Dugaan Tindak Asusila, Berapa Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asya’ri?

Infrastruktur23 hours ago

Hutama Membelim Trans Papua-Pemerintah Teken Kerjasama Pembangunan Jalan Trans Papua