Connect with us

News

Snapdragon X Elite vs Intel Core Ultra 7 155H dan Apple M3: Qualcomm Unggul dalam Performa dan Efisiensi

Aam Imanullah

Published

on

Monitorday.com, – Pameran CES (Consumer Electronics Show) telah menjadi panggung utama bagi persaingan antara Intel, Apple, dan Qualcomm dalam merilis produk-produk terbaru mereka. Dalam kompetisi ini, Qualcomm telah berhasil menarik perhatian dengan membandingkan Snapdragon X Elite dengan prosesor terbaru Intel Core Ultra dan Apple M3, dan hasilnya sangat menjanjikan, terutama untuk SKU daya rendah.

Dalam uji Cinebench 2024 dengan batas daya 23 W, Snapdragon X Elite mampu mengungguli SoC Apple M3, Core Ultra 7 155H, dan Ryzen 7 7840U dalam hal performa-per-watt, hasil benchmark Qualcomm menunjukkan keunggulan Snapdragon X Elite, meskipun sejumlah outlet tidak diizinkan untuk menjalankan tes independen pada chip tersebut.

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon X Elite unggul 54% dari Core Ultra 7 155H dalam uji single-core Geekbench 6 ketika keduanya memiliki daya yang sama. Chip tersebut juga mampu menyamai performa Core Ultra 7 155H sambil mengonsumsi energi 65% lebih sedikit. Dalam uji multi-core Geekbench 6, perbedaan performa ini menyusut menjadi 52% dan 60%.

Demikian pula, Snapdragon X Elite juga bersaing cukup baik dengan Core Ultra 9 185H dengan keunggulan 51% dan 41% dalam uji single-core dan multi-core Geekbench 6, masing-masing, ketika kedua CPU menggunakan jumlah daya yang sama. Pada tingkat performa yang sama, Snapdragon X Elite jauh lebih unggul dari chip Intel dengan menggunakan energi 65% dan 58% lebih sedikit dalam uji single-core dan multi-core masing-masing.

Meskipun Snapdragon X Elite membawa performa yang cepat, daya tarik utama dari chip ini adalah efisiensi yang sangat ditingkatkan. Menurut Qualcomm, SoC ini akan memenuhi janjinya setidaknya dalam varian daya rendah 23 W.

Singkatnya, Snapdragon X Elite tampaknya merupakan langkah maju yang besar bagi laptop Windows dalam hal efisiensi setidaknya pada batas daya yang lebih rendah. Dengan hasil yang menjanjikan ini, Snapdragon X Elite menunjukkan potensinya sebagai pesaing serius di pasar prosesor untuk laptop, dan para pengguna dapat menantikan perkembangan lebih lanjut dalam persaingan yang semakin ketat di industri ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *