Connect with us

News

Libur Idul Adha Bakal Lancar, Begini Kesiapan Kemenhub

Dila N Andara

Published

on

Monitorday.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah kesiapan pada moda transportasi dalam menghadapi libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 H dan libur anak sekolah. Menhub menyatakan Kementerian Perhubungan telah menyiapkan antisipasi adanya peningkatan mobilitas masyarakat pada masa liburan tersebut.

Menhub meninjau langsung kesiapan transportasi kereta api jalur selatan dan jalur utara dalam menghadapi masa libur panjang sekolah dan Hari Raya Idul Adha 2024. Menhub melakukan peninjauan dengan kereta inspeksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari Stasiun Purwokerto menuju Stasiun Kroya, Stasiun Tegal, hingga Stasiun Semarang pada Sabtu (15/6).

“Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha. Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” papar Menhub.

PT KAI telah menambah perjalanan kereta api (KA) sebanyak 20% untuk rute-rute favorit seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, serta Jakarta-Solo dan sebaliknya. Selama lima hari (14 – 18 Juni 2024), KAI menyediakan 923.503 tempat duduk. Pada periode libur panjang akhir pekan ini KAI mengoperasikan 1.849 perjalanan KA atau 370 perjalanan KA per hari. Hingga tanggal 15 Juni 2024, KAI telah menjual 810.579 tiket atau 88% dari dari total kapasitas tempat duduk. Selain itu, Menhub memastikan aspek keselamatan terpenuhi dengan ramp check kereta.

Pada transportasi darat Menhub telah melakukan inspeksi di beberapa tempat. Disamping itu Kemenhub bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten melakukan ramp check terhadap bus umum dan bus pariwisata pada hari Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6) secara serentak di seluruh Indonesia.

“Untuk transportasi darat, memang untuk liburan yang krusial adalah daerah pariwisata. Oleh karenanya saya melakukan inspeksi di beberapa tempat dan Alhamdulillah tadi di Purwokerto bagus sekali. Harapan saya itulah yang dilakukan oleh masyarakat transportasi, khususnya pengguna bus. Bagi operator tentu harus mengutamakan keselamatan,” papar Menhub.

Sedangkan pada penyeberangan, Menhub mengatakan rute Ketapang-Gilimanuk dan Merak- Bakauheni yang akan ramai pada liburan saat ini. “Penyeberangan harus siap dengan jumlah mobilitas masyarakat yang banyak pada liburan kali ini, berikan pelayanan yang terbaik dan proses berangkat dan pergi upayakan secepat mungkin,” ucap Menhub.

Di sektor penerbangn, Kemenhub memastikan keselamatan udara terpenuhi melalui ramp check pesawat. “Saya juga meminta baik pengelola bandara maupun operator menambah penerbangan tambahan untuk rute favorit seperti ke Solo, Yogyakarta, dan Bali,” lanjut Menhub.

Lalu pada transportasi laut, pengawasan pada pelabuhan di seluruh Indonesia telah ditingkatkan, khususnya pada pelabuhan-pelabuhan yang terkoneksi dengan tempat wisata.

Untuk mengantisipasi pemenuhan distribusi kebutuhan hewan qurban pada masa Idul Adha, Kemenhub memfasilitasi distribusi sapi dari wilayah sentra produsen ternak di Nusa Tenggara Timur, Nusa tenggara Barat dan Gorontalo ke Wilayah konsumen hewan ternak dengan menggunakan Kapal Angkutan Khusus Ternak.

“Untuk sektor laut, saya sudah sampaikan kepada operator untuk menambah jumlah petugas,” ujar Menhub.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Hengki Angkasawan, dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Monitor Saham BUMN



Sportechment2 hours ago

Lesti Kejora Siap Gelar Konser Tunggal Perdana Meski Tengah Hamil

News3 hours ago

4 Tahun Bertransformasi, Aset PLN Tembus Rp1.691 Triliun

Migas3 hours ago

Wuih! Wisatawan Mancanegara Serbu Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024

Keuangan3 hours ago

Bank Mandiri Wujudkan Mandiri Lingkar Hijau, Olah Limbah Kopi Jadi Cuan

Sportechment4 hours ago

Toyota Resmi Luncurkan New GR86, Cek Spek dan Harganya

Sportechment4 hours ago

Sheila On 7 Siap Geber Panggung Konser ‘Tunggu Aku di Bandung’

Sportechment4 hours ago

Momen Langka Marquez Menolong Sang Rival Bagnaia Gegara Hal Ini

Sportechment5 hours ago

Kata-kata Jens Raven Usai Sokong Timnas Indonesia U-20 Sikat Timor Leste

News9 hours ago

Bukan Plot Sinetron, Cerita Yuli Hastuti Bupati Purworejo Realita Beneran

Sportechment1 day ago

SEVENTEEN Umumkan World Tour 2025, Jakarta Masuk List?

Infrastruktur1 day ago

Selamat! SIG Masuk 10 Besar Perusahaan Terpercaya Dunia

Migas1 day ago

Pertamina Raih Penghargaan di FORDIGI SUMMIT 2024 Berkat Inovasi Digitalisasi

Sportechment1 day ago

Hadir di Paris Fashion Week, Bella Hadid Serukan Free Palestine

Sportechment1 day ago

Absennya Lionel Messi Bikin Timnas Argentina Terasa Aneh, Lha Kok Bisa?

Sportechment1 day ago

Tim Pertamina Enduro VR46 Pakai Corak Merah Putih di MotoGP Indonesia 2024

Sportechment1 day ago

Marc Marquez: Di Indonesia, Saya Merasa Bak Rock Star!

Sportechment1 day ago

CTO Mira Murati Mundur dari OpenAI, Ada Apa?

News1 day ago

Asyik! KAI Tebar Promo Tiket 79 % di HUT ke-79, Baca Syaratnya

Keuangan1 day ago

BNI Torehkan Pertumbuhan Aset Signifikan dalam 5 Tahun Terakhir

Sportechment1 day ago

BLACKPINK Siap Comeback: Album Baru dan World Tour, Kapan?